deskripsi gambar

Jalur Pendakian Gunung Cikuray Via Bayongbong


Jalur pendakian gunung cikuray via bayongbong memang tidak sepamiliar gunung cikuray via cilawu  namun bila memang ingin mencoba jalur yang beda dari orang lain anda bisa mencobanya melalui jalur bayongbong, cikajang atau cigedug. Namun yang akan saya bahas di artikel saya kali ini adalah jalur pendakian gunung cikuray via bayongbong.
jalur pendakian cikuray via bayongbong
Jalan menuju bascamp cikuray [photo by eldesimedis.blogspot.co.id]

Untuk sampai ke basecamp pendakian gunung cikuray dari terminal Guntur Kabupaten Garut kita bisa menggunakan angkutan umum jurusan bayongbong (mobilnya berwarna putih kuning)
Turun di pertigaan lupa lagi namanya (atau kalian bisa Tanya ke sopir angkotnya ). Dari pertigaan terus kita melanjutkan menggunakan ojek (pake pick-up juga bisa kalo rombongan) ke basecamp Cikuray via Bayongbong.
jalur pendakian gunung cikuray via bayongbong
kondisi jalan yang belum sepenuhnya beraspal  [photo by eldesimedis.blogspot.co.id]

Rute 
Semua kota - Jawa Barat - Garut (terminal bus guntur) - Bayongbong (basecamp bayongbong)

Jalur pendakian
Basecamp – Pos 2 Paparete (1 jam)
Awal pendakian kita akan melewati jalur ladang warga. Pemandangan sejuk nan indah akan kita jumpai.

Pos 2 – Pos 3 Kandang bagong (2 jam)
jalan mulai bertambah terjal dengan medan tanah pada musim hujan jalur ini sangat licin waktu yang di butuhkan dari pos 2 menuju kandang bagong yaitu sekitar 2 jam

Pos 3 – Pos 4 Chatell (30 menit)
dari kandang bagong menuju pos chatell jalur pendakian tidak jauh seperti pos 2 ke pos 3 namun memerlukan waktu yang lebih singkat yaitu sekitar 30 menit.

Pos 4 – Pos 5 Plesetan (1 jam)
Kali ini dari pos 4 menuju pos 5 plesetan jalan masih terjal dan di dominasi oleh akar akar pohon waktu tempuh yang di perlukan yaitu 1 jam

Pos 5 – Pos 6 Sanghyang bengkonang – Puncak Cikuray (1,5 jam)
Dari pos 5 menuju pos 6 sampai ke puncak jalurnya masih sama terjal dan di dominasi oleh akar – akar pohon waktu tempuh yang di perlukan dari pos 5 sampai punakyaitu 1,5 jam. Untuk mendirikan tenda biasanya para pendaki memilih puncak cikuray sebagai tempat mendirikan tenda. Di sekitar puncak banyak spot kosong dan pohon yang bisa untuk mendirikan tenda. Enaknya mendirikan tenda di puncak cikuray kita tidak perlu mendaki lagi untuk melihat sunrise di pagi hari.


Info Gunung Cikuray 
Alamat sekertariat: Jl. Waspada Kp/Ds Pamalayan ,Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut
Website: http://www.garutkab.go.id, http://www.bayongbong.info

Related : Jalur Pendakian Gunung Cikuray Via Bayongbong

2 Responses to " Jalur Pendakian Gunung Cikuray Via Bayongbong "

  1. ...kita juga bisa ngambil jalur kp.pamalayan supaya lebih dekat.dari pertigaan bayongbong kita naik motor/ojek ,langsung ke came via pamalayan.

    ReplyDelete

Silahkan beri komentar !!!!
Penulis akan sangat senang sekali jika ada yang berkomentar, bertanya maupun menambahkan